Nama : Dimas Tri Ariadi (22210050)
Hendra (23210205)
M Fajrin (24210495)
M Ethwin Ibnu T (24210667)
Yuda Nurdiandani (28210699)
Hendra (23210205)
M Fajrin (24210495)
M Ethwin Ibnu T (24210667)
Yuda Nurdiandani (28210699)
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
belakang masalah
Akuntansi menurut american Insitute
of Certified Public Accounting (AICPA) adalah suatu seni pencatatan,
penggolongan, dan pengikhtisaran dengan cara tertentu dalam ukuran moneter,
transaksi, dan kejadian-kejadian yang umumnya bersifat keuangan dan termasuk
menfasirkan hasil-hasilnya.
Akuntansi menurut American
Accounting Association adalah “Accounting as the process identifiying,
measuring, and communicating economic information to permit informed judgements
and decisions by users of the information” “Akuntansi merupakan : Proses
mengidentifikasikan, mengukur dan melaporkan informasi ekonomi, untuk
memungkinkan adanya penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka
yang menggunakan informasi tersebut “”(Wilopo, 2005 : 9).
Akuntansi Internasional menurut
Iqbal, Melcher dan Elmallah (1997:18) mendefinisikan akuntansi
internasional sebagai akuntansi untuk transaksi antar negara, pembandingan
prinsip-prinsip akuntansi di negara-negara yang berlainan dan harmonisasi
standar akuntansi di seluruh dunia. Suatu perusahaan mulai terlibat dengan
akuntansi internasional adalah pada saat mendapatkan kesempatan melakukan
transaksi ekspor atau impor.
Menurut (Choi 2005) akuntansi
internasional memiliki tiga pengertian yaitu:
1. Pertama, konsep parent foreign subsidiary accounting
Menganggap bahwa akuntansi internasional hanya proses
penyusunan laporan konsolidasi antara perusahaan induk
dan cabang yang berada di berbagai Negara
2. Kedua, konsep comparative/international accounting
Menekankan pada upaya mempelajari perbedaan akuntansi di
berbagai Negara
3. Ketiga, universal atau world accounting
Kerangka/konsep teori dan prinsip akuntansi yang berlaku di
semua Negara
Kanada
sebagai negara persemakmuran (commonwealth)
dari Inggris sedikit banyak mengadopsi sistem pemerintahan serta
konstitusi-konstitusi yang diadopsi dari konstitusi Inggris. Selain itu Kanada
juga secara simbolik dipimpin oleh Ratu Inggris meskipun dalam pelaksanaannya
lebih banyak banyak diwakilkan kepada gubernur jenderal ataupun perdana
menteri.
B. Tujuan
1. Agar dapat memahami definisi sistem akuntansi internasional
2. Memahami sistem akuntansi di negara kanada
C. Rumusan masalah
1. Bagaimana sistem akuntansi internasional
2. Bagaimana sistem akuntansi di Negara kanada
BAB II
LANDASAN
TEORI
Sistem Akuntansi Praktisi akuntansi dikenal sbg akuntan. Akuntan bersertifikat resmi memiliki
gelar tertentu yg berbeda di tiap negara. Contohnya adalah Chartered Accountant
(FCA, CA or ACA), Chartered Certified Accountant (ACCA atau FCCA), Management
Accountant (ACMA, FCMA atau AICWA), Certified Public Accountant (CPA), &
Certified General Accountant (CGA). Di Indonesia, akuntan publik yg
bersertifikat disebut CPA Indonesia (sebelumnya: BAP atau Bersertifikat Akuntan
Publik).
A. Akuntansi
modern
Inti akuntansi keuangan modern ada
pada sistem pembukuan berpasangan. Sistem ini melibatkan pembuatan paling tidak 2 masukan untuk setiap
transaksi: satu debit pada sesuatu akun, & satu kredit terkait pada akun
lain. Jumlah keseluruhan debit harus selalu sama dgn jumlah keseluruhan kredit.
Cara ini akan memudahkan pemeriksaan jika terjadi kesalahan. Cara ini diketahui
pertama kali digunakan pada abad pertengahan di Eropa, walaupun ada pula yg
berpendapat bahwa cara ini sudah digunakan sejak zaman Yunani kuno.
Reformasi
akuntansi dalam
berbagai bentuk selalu terjadi pada tiap generasi untuk mempertahankan
relevansi pembukuan dengan aset kapital atau kapasitas produksi. Walaupun
demikian, hal ini tidak mengubah prinsip-prinsip dasar akuntansi, yg memang
diharapkan tidak bergantung pada pengaruh ekonomi seperti itu.
Akuntasi
Amerika Serikat,
akuntan yang berpraktik disebut Certified Public Accountant (CPA), Certified
Internal Auditor (CIA) & Certified Management Accountant (CMA). Perbedaan
jenis sertifikasi adalah dalam hal jenis-jenis jasa yg ditawarkan, walaupun
mungkin saja satu orang memiliki lbh dari satu sertifikat. Sebagai tambahan,
byk pekerjaan akuntansi dikerjakan oleh seseorang tanpa memiliki sertifikasi
namun di bawah pengawasan seorang akuntan bersertifikat.
Sertifikasi
CIA dikeluarkan oleh Institute of
Internal Auditors (IIA), yg diberikan kpada kandidat yg lulus dalam 4 bagian
ujian. CIA kebanyakan memberikan jasanya kepada pemberi kerja langsung bukan
kepada publik.
Sertifikasi
CMA diberikan oleh Institute of
Management Accountants (IMA), yg diberikan kpada kandidat yg dinyatakan lulus
dalam 4 bagian ujian & memenuhi pengalaman praktik tertentu berdasarakan
ketentuan IMA. CMA kebanyakan memberikan jasanya kpada pemberi kerja langsung
bukan kpada publik. CMA juga bisa menawarkan jasanya kpada publik, namun dgn
lingkup yg lbh kecil dibanding CPA.
Sertifikasi
CPA dikeluarkan di negara bagian
tempat kedudukan yg bersangkutan berupa izin ukt menawarkan jasa auditing kpada
publik, walaupun kebanyakan kantor akuntan juga menawakan jasa akuntansi,
perpajakan, bantuan litigasi & konsultansi keuangan lainnya. Persyaratan
ukt mendapat sertifikat CPA bervariasi di antara negara bagian, namun ujian
Uniform Certified Public Accountant diharuskan di setiap negara bagian. Ujian
ini dibuat & diperiksa oleh American Institute of Certified Public
Accountants.
Kanada
Di Kanada, ada tiga lembaga yang menangani akuntansi: the Canadian Institute
of Chartered Accountants (CA), the Certified General
Accountants Association of Canada (CGA), dan the Society of
Management Accountants of Canada (CMA). CA dan CGA dibentuk
berdasarkan Undang-undang Parlemen berturut-turut pada tahun 1902 dan 1913
sedangkan CMA didirikan dalam tahun 1920.
Program CA difokuskan menjadi akuntan publik dan
kandidat harus memiliki pengalaman auditing dari kantor akuntan publik; program
CGA memberikan kebebasan bagi kandidatnya untuk memilih karier di bidanga
keuangan; program CMA memfokuskan diri pada akuntansi manajemen. Ketiganya
mengharuskan setiap kandidat untuk mendapatkan gelar kesarjanaan dan pengalaman
praktik sebelum memperoleh sertifikasi.
Kanada, secara historis dikenal sebagai
Dominion of Canada, adalah negara paling utara di Amerika Utara. Merupakan
federasi dari 10 provinsi dan 3 teritori dengan sistem desentralisasi dan
pemerintahan berbentuk monarki konstitusional. Dibentuk tahun 1867 dengan undang-undang
Konfederasi.
Ibu
kota Kanada adalah Ottawa, tempat parlemen nasional dan juga tempat tinggal
Gubernur Jenderal dan Perdana Menteri. Merupakan bekas jajahan Perancis dan
Britania Raya, Kanada adalah anggota La Francophonie dan Negara Persemakmuran.
Luas
total Kanada 9.984.670 kilometer persegi.
Dari
jumlah ini, 9.093.507 kilometerpersegi berupa daratan
dan 891.163 kilometer
persegi adalah perairan.
Wilayah
Kanada adalah yang terbesar kedua di dunia (setelah
Rusia yang memiliki luas total 17.075.000 kilometer persegi).
Sebagai negara maju, Kanada juga
mempunyai standar akuntansi pemerintahan yang digunakan di negaranya. Karena
masing-masing negara mempunyai standar yang berbeda untuk akuntansi
pemerintahannya, begitu pula yang di Kanada. Yang pasti akan sangat berbeda
dengan akuntansi pemerintahan di negara kita, Indonesia. Mungkin standarnya
akan lebih rumit.
Sektor
Publik Dewan Akuntansi
Dewan
Akuntansi Sektor Publik (PSAB) dibentuk pada tahun 1981 oleh Institute of
Chartered Kanada. Akuntan setelah berkonsultasi dengan berbagai
stakeholder pejabat
tinggi pemerintah. Para pemangku kepentingan melihat dibutuhkanya pendekatan
nasional, sebanding dan konsisten untuk pelaporan keuangan oleh pemerintah di
Kanada. Dari tahun 1981 sampai tahun 1989, Dewan difokuskan pada penyediaan
standar akuntansi untuk, federal provinsi dan wilayah pemerintah (pemerintah tinggi). Pada tahun
1989, PSAB memperluas kegiatannya untuk mencakup pemerintah lokal. Pada Awal tahun 2009, Dewan menerima
tanggung jawab untuk menetapkan standar akuntansi dan bimbingan bagi organisasi
pemerintah keseluruhan
. Sebuah
organisasi pemerintah adalah sebuah organisasi yang dikendalikan oleh pemerintah.
Sifat penetapan
standar di sektor publik
Tidak seperti penetapan standar di sektor swasta, tidak
ada persyaratan hukum yang disetujui oleh orang lain yang membutuhkan
pemerintah tinggi untuk mengikuti standar yang dikeluarkan oleh
PSAB. Namun, mereka mengharuskan
untuk mematuhi peraturan mereka.
Organisasi pemerintah-pemerintah tersebut umumnya dibutuhkan oleh masing-masing
pemerintah untuk mengadopsi standar yang dikeluarkan oleh PSAB. Pemerintah
daerah dan organisasi mereka umumnya disyaratkan dalam provinsi undang-undang
atau peraturan untuk mengikuti standar yang dikeluarkan oleh PSAB.
Misi
Misi PSAB adalah untuk melayani kepentingan publik dengan
menetapkan standar dan memberikan panduan bagi keuangan dan informasi lain yang
dilaporkan oleh kinerja sektor publik di Kanada.
Peran
PSAB menetapkan standar akuntansi dan pedoman lainnya
bagi pemerintah dan organisasi mereka. Itu dilakukan untuk meningkatkan informasi yang tersedia untuk
pengambilan keputusan dan untuk meningkatkan akuntabilitas entitas sektor
public
Tanggung jawab
Dalam menetapkan standar dan pedoman lainnya, PSAB akan:
· menghormati dan
mendorong masukan dari semua pemangku kepentingan
· membawa objektivitas dengan
pertimbangan masalah;
· menghormati kemampuan para pemangku
kepentingan untuk melakukan penilaian yang professional, dan
· berkomitmen untuk menanggapi
kebutuhan stakeholder pada bas tepat waktu
Members
PSAB menggunakan papan dan pendekatan task force untuk
menetapkan standar dan bimbingan lainnya. Sebuah Kursi dibayar dan sebelas
anggota relawan merupakan Dewan. PSAB bertanggung jawab untuk menyetujui semua
dokumen untuk komentar dan standar akhir. Gugus tugas terdiri dari anggota
relawan yang memiliki kepentingan tertentu atau keahlian dalam topik yang
sedang dibahas. Gugus tugas untuk menyampaikan materi ini PSAB pertimbangan
denga mengidentifikasi masalah, menilai alternatif, dan membuat rekomendasi.
Dewan
Pengawan Standar akuntasi (AcSOC) menunjuk anggota Dewan. PSAB, melalui Ketua
dan Direktur, menunjuk para anggota individual dari gugus tugas. Dewan dan tugas
anggota pasukan yang dipilih untuk memastikan bahwa berbagai latar belakang,
keterampilan dan pandangan yang dibawa untuk menanggung pada masalah yang
dihadapi PSAB. Semua tingkat pemerintahan, organisasi pemerintah, legislatif
auditor, auditor sektor swasta, akademisi dan lain-lain yang diwakili. Setiap
individu membawa nya individu pandangan dan pendapat, dan bukan orang-orang
dari organisasi yang ia dikaitkan. Setiap anggota Dewan memiliki satu suara. Wakil Presiden,
Standar dan Direktur, Sektor Publik Akuntansi adalah non-voting anggota Dewan.
Due Process
PSAB mengikuti proses karena luas untuk menetapkan
standar dan pedoman lainnya ditambah dengan kegiatan di
banyak komunikasi. Biasanya, due proses meliputi:
· menyetujui proposal proyek;
· merilis laporan prinsip untuk
komentar publik;
· meninjau tanggapan dan berurusan
dengan isu yang diangkat;
· draft paparan penerbitan standar
yang diusulkan;
· meninjau tanggapan dan berurusan
dengan masalah yang diangkat, dan
· mengeluarkan standar akhir.
Draft
paparan Semua dan standar akhir harus menerima suara setuju dari sedikitnya
delapan dari dua belas anggota secara tertulis sebelum dokumen-dokumen ini dapat
dipublikasikan.
Transparansi
Rapat Dewan diadakan secara pribadi untuk melindungi
pandangan rahasia dari anggota relawan nya. Namun, PSAB menerbitkan agendanya
sebelum pertemuan, ringkasan keputusan selanjutnya ke sebuah pertemuan, makalah
pendukung isu draf eksposur, dan dasar untuk dokumen kesimpulan, yang menyertai
standar akhir. Selain itu, proses pembangunan didukung oleh kegiatan komunikasi
yang komprehensif termasuk face-to-face pertemuan, presentasi, webcast,
komunikasi elektronik dan berbagai writtenmaterial seperti dokumen bahasa
sederhana, ringkasan eksekutif satu-halaman di bahasa non-teknis yang menyertai
dokumen terbuka untuk untuk memberikan komentar.
Akuntabilitas
PSAB bertanggung jawab kepada AcSOC. AcSOC bertanggung jawab untuk memberikan masukan untuk rencana PSAB strategis dan annuals serta menilai kepatuhan PSAB untuk proses dan kinerja tahunan.
PSAB bertanggung jawab kepada AcSOC. AcSOC bertanggung jawab untuk memberikan masukan untuk rencana PSAB strategis dan annuals serta menilai kepatuhan PSAB untuk proses dan kinerja tahunan.
AcSOC adalah independen, relawan badan yang dibentuk oleh
Institute of Chartered Accountants Kanada di 2000. Ini melayani kepentingan
publik dengan mengawasi dan memberikan masukan pada kegiatan Akuntansi Dewan
Standar (AcSB), yang menetapkan standar pelaporan keuangan untuk berorientasi
pada keuntungan perusahaan, dan tidak-untuk-profit organisasi di sektor swasta,
dan Sektor Publik Akuntansi Dewan (PSAB), yang menetapkan pelaporan keuangan
standar bagi pemerintah dan organisasi mereka. Tanggung jawab AcSOC meliputi
menunjuk AcSOC, AcSB dan anggota PSAB. Pelaporan kepada publik dan terdiri dari
wakil-wakil yang termasuk regulator, investor dan pengguna lain, penyusun dan
auditor dari laporan keuangan, AcSOC membawa luas perspektif untuk masalah
kompleks yang dihadapi pembuat standar baik di sektor swasta dan publik.
Itu
adalah suatu kehormatan untuk ditunjuk Ketua Akuntansi Sektor Publik Board
(PSAB) dari tanggal 1 April 2011 sampai dengan 31 Maret 2012.
Dalam
peran pertama saya, sebagai Ketua Satuan Tugas Modal Pemerintah Daerah Berwujud
Aset, perubahan signifikan yang diwujudkan dengan akuntansi akrual penuh
bergerak - sesuatu yang belum dicapai dalam sejarah Kanada meskipun banyak
telah mencoba. Selanjutnya, sebagai anggota Dewan dan akhirnya Wakil Ketua
isu-, penting tapi kontroversial seperti instrumen keuangan dan transfer
pemerintah yang diselesaikan. Sebagai Ketua, saya melihat sebuah era baru dalam
pelaporan keuangan sektor publik diperkenalkan dengan asumsi PSAB jawab untuk
menetapkan standar untuk organisasi pemerintah.
Pada
2011 - 2012, PSAB umumnya memiliki tahun yang sukses, meskipun menghadapi
beberapa tantangan.
Tujuan
utama kami agenda teknis telah atau sedang dipenuhi. Yang paling penting,
pekerjaan maju pada proyek kunci PSAB ini: Konsep Mendasari Kinerja Keuangan.
Secara internasional, PSAB terus mempengaruhi pekerjaan Standar Akuntansi
Sektor Publik Internasional (IPSASB) oleh berpartisipasi dalam
pertemuan-pertemuan, mengomentari dokumen dan mendorong sektor publik Kanada
untuk menanggapi dokumen mereka. Berkelanjutan kami komunikasi tujuan bertemu
dengan jangkauan signifikan dan bantuan transisi diberikan kepada berbagai
pemangku kepentingan.
Sepanjang
tahun, PSAB melakukan survei konstituennya yang mengungkapkan kepuasan umum
dengan kualitas dokumen yang dikeluarkan untuk komentar dan kami didorong oleh
tanggapan yang berkaitan dengan kami komunikasi upaya. Namun, beberapa isu yang
diangkat dengan jumlah waktu yang diberikan untuk menanggapi dokumen dan untuk
menerapkan standar baru. PSAB mendengarkan dan merespon sesuai. Akhirnya,
beberapa pemangku kepentingan menunjukkan bahwa agenda teknis PSAB itu tidak
mencerminkan masalah utama yang mereka hadapi (yaitu, tingkat-diatur akuntansi
dan kerangka kerja konseptual yang PSAB).
Seperti
yang kita berkembang melalui 2011-2012, sejumlah perusahaan bisnis pemerintah
membuat transisi untuk Standar Pelaporan Keuangan Internasional dan organisasi
pemerintah lainnya menjadi sasaran yang CICA Sektor Publik Akuntansi (PSA)
Handbook untuk pertama kalinya. Pada saat yang sama, pemerintah mereka
organisasi mengikuti not-for-profit standar akuntansi memulai transisi mereka
ke Handbook PSA untuk 1 Januari 2012. Ini menandai peristiwa penting dalam
sejarah dan relevansi PSAB.
Namun,
posisi Dewan pada tingkat-perusahaan pemerintah diatur bisnis berpose tantangan
untuk beberapa. Dua provinsi melewati peraturan yang mewajibkan pendekatan yang
berbeda daripada PSAB. Selanjutnya, posisi PSAB’s pada akuntansi untuk transfer
pemerintah menerima perhatian yang signifikan dan menciptakan perdebatan yang
aplikasi. PSAB akan perlu untuk tetap mencermati perkembangan lebih lanjut di daerah-daerah.
Cukup
tidak dapat dikatakan tentang dukungan yang saya terima sebagai Ketua. Para
anggota Dewan secara konsisten dan menyeluruh memperdebatkan isu-isu yang
relevan, datang ke pertemuan dipersiapkan dengan baik dan bersama-sama
membentuk pandangan. Namun, keberhasilan ini tidak mungkin terjadi tanpa kerja
anggota pasukan PSAB ini tugas.
Saya
akan lalai jika saya tidak menyebutkan staf PSAB. Dedikasi dan profesionalisme
tidak pergi tanpa disadari. Saya berharap staf terbaru PSAB itu anggota, Antonella
Risi, yang terbaik. Anda telah bergabung dengan tim yang hebat. Secara
administratif, Mogul Edlene telah menjadi tambahan yang bagus, menyelenggarakan
pertemuan dan menjaga semua Dewan dan tugas anggota satuan informasi dan
terorganisir.
Istilah
Morina Rennie sebagai anggota Dewan berakhir tahun ini dan, atas nama Dewan dan
staf, saya ingin untuk berterima kasih atas kontribusi luar biasa dia membuat
lebih dari jabatannya. Akhirnya, saya ingin berharap Rod Monette, Ketua masuk,
yang terbaik dari keberhasilan.
Dengan
Ketua, relawan dan staf, saya pensiun dari posisi sebagai Ketua yakin bahwa
Kanada sektor publik akan tetap berada di garis depan global transparansi dan
akuntabilitas. Tingkat kepatuhan dengan standar PSAB oleh pemerintah dan
keberhasilan banyak organisasi pemerintah transisi ke Handbook PSA adalah bukti
itu.
Indikator kinerja
Staf
PSAB dibantu dengan pengembangan Tahap 3 dari Sektor Publik Standar Akuntansi
Internasional Board (IPSASB) kerangka kerja konseptual dan memberikan
rekomendasi untuk proyek-proyek lain seperti kombinasi sektor publik.
PSAB
staf menanggapi semua lima dokumen yang dikeluarkan untuk komentar, catatan
briefing disiapkan bagi anggota Kanada untuk setiap pertemuan pada item
berbagai agenda dan, berdasarkan komentar yang diberikan oleh staf, memberikan
kontribusi terhadap perubahan kata-kata dalam berbagai dokumen.
Latar belakang
The
IPSASB isu International Standar Akuntansi Sektor Publik untuk menyelaraskan
akuntansi sektor publik secara global. Umumnya, IPSASB bertemu empat kali per
tahun dan menggunakan sejumlah tugas berbasis kelompok untuk mengembangkan
bahan pertimbangan Dewan.
Keterlibatan
PSAB dalam pekerjaan IPSASB ini dicapai melalui menghadiri dan berpartisipasi dalam
pertemuan Dewan mereka, memberikan kontribusi bagi pengembangan berbagai
standar, menyiapkan catatan briefing untuk delegasi Kanada dan memberikan
komentar pada dokumen terkena.
Kanada,
secara historis dikenal sebagai Dominion of Canada, adalah negara paling utara
di Amerika Utara. Merupakan federasi dari 10 provinsi dan 3 teritori dengan
sistem desentralisasi dan pemerintahan berbentuk monarki konstitusional.
Dibentuk tahun 1867 dengan undang-undang Konfederasi.
Ibu
kota Kanada adalah Ottawa, tempat parlemen nasional dan juga tempat tinggal
Gubernur Jenderal dan Perdana Menteri. Merupakan bekas jajahan Perancis dan
Britania Raya, Kanada adalah anggota La Francophonie dan Negara
Persemakmuran.
Sebagai
negara maju, Kanada juga mempunyai standar akuntansi pemerintahan yang
digunakan di negaranya. Karena masing-masing negara mempunyai standar yang
berbeda untuk akuntansi pemerintahannya, begitu pula yang di Kanada. Yang pasti
akan sangat berbeda dengan akuntansi pemerintahan di negara kita, Indonesia.
Mungkin standarnya akan lebih rumit.
Akuntansi
di Kanada, ada 3 lembaga yg menangani akuntansi: the Canadian Institute of
Chartered Accountants (CA), the Certified General Accountants Association of
Canada (CGA), & the Society of Management Accountants of Canada (CMA). CA
& CGA dibentuk berdasarkan Undang-undang Parlemen berturut-turut pada tahun
1902 & 1913 sedangkan CMA didirikan dalam tahun 1920.
Program
CA difokuskan menjadi akuntan publik & kandidat harus memiliki pengalaman
auditing dari kantor akuntan publik; program CGA memberikan kebebasan bagi
kandidatnya ukt memilih karier di bidanga keuangan; program CMA memfokuskan
diri pada akuntansi manajemen.
Tantangan
Pada tahun 2010, Dewan Akuntansi
Sektor Publik (PSAB) menyetujui standar baru pada transfer pemerintah, dengan
tanggal efektif tanggal 1 April 2012. Alamat-alamat standar transfer dari kedua
pentransfer dan yang penerima perspektif. Dalam beberapa hal, itu adalah
standar terobosan dalam otoritatif lainnya standar tidak secara khusus membahas
masalah kapan entitas memiliki kewajiban untuk membuat transfer (Pentransfer)
dan banyak memiliki masalah warisan yang tersisa dengan cara penerima akan
menjelaskan transfer.
Standar akuntansi sektor swasta
Kanada tidak secara khusus menangani masalah pengalih namun mengatasi pengakuan
pendapatan dari perspektif penerima. Akuntansi Sektor Publik Internasional
Board (IPSASB), IPSAS 23, Pendapatan Non-Transaksi Bursa (Pajak dan Transfer),
hanya alamat penerima akuntansi (menggunakan perspektif kewajiban untuk
pengakuan pendapatan) tetapi tidak memberikan pedoman akuntansi pengalih.
Selanjutnya, sebagian ada standar lain (khususnya untuk modal transfer) terus
memerlukan penangguhan dan pendekatan amortisasi untuk pengakuan pendapatan.
Bagian PS 3410, Transfer Pemerintah, mengambil pandangan menggunakan definisi
kewajiban untuk menentukan kapan pendapatan harus diakui. Pandangan ini, yang
tidak mencerminkan standar saat ini sektor swasta, didukung oleh IPSASB dan
proposal di bawah Standar Akuntansi Internasional (IASB), Pendapatan Kontrak
dengan proyek Pelanggan.
PSAB menyadari bahwa itu tidak
mungkin untuk mencapai kesepakatan dengan standar di antara semua pemangku
kepentingan. Setelah konsultasi yang cukup (draft paparan tiga dan 350
tanggapan), Dewan mengambil pandangan bahwa Keputusan harus dibuat, mengakui
bahwa standar mungkin tidak menemukan penerimaan oleh beberapa stakeholder.
Sebagai standar baru saja mulai
berlaku, ada isu-isu yang berkaitan dengan permukaan ketika kewajiban harus
diakui oleh pemerintah yang mentransfer sumber daya dan, dari sudut pandang
penerima, ketika Pendapatan harus diakui. PSAB akan terus mencermati
perkembangan lebih lanjut di daerah-daerah.
Tingkat-perusahaan diatur
Tingkat-perusahaan diatur baik di
swasta dan sektor publik mengikuti persyaratan akuntansi dalam pra-changeover
standar akuntansi di V Bagian dari Buku Pegangan CICA – Akuntansi.
Setelah penerapan Standar
Internasional IASB Pelaporan Keuangan (SAK) di Bagian I CICA Handbook -
Akuntansi, pada tahun 2007, PSAB diubah Pengantar untuk Akuntansi Sektor Publik
Standar yang menunjukkan bahwa perusahaan bisnis pemerintah semua harus
mematuhi standar yang berlaku untuk perusahaan publik akuntabel dalam Bagian I.
PSAB setuju bahwa tanggal efektif untuk bisnis pemerintah perusahaan akan
mencerminkan bahwa yang direkomendasikan oleh Dewan Standar Akuntansi (AcSB).
PSAB menegaskan posisinya dan tanggal efektif lagi pada tahun 2009.
Standar dalam Bagian I tidak secara
spesifik membahas isu-isu yang berkaitan dengan efek dari regulasi tingkat.
Karena Bagian V dari Buku Pegangan CICA - Akuntansi diizinkan efek tertentu
peraturan tingkat menjadi dicatat sesuai dengan petunjuk tersebut, industri
yang bersangkutan tentang kurangnya bimbingan untuk tingkat-diatur perusahaan
di bawah BagianI.
Ketidakpastian yang diberikan untuk
saat IASB mungkin mengatasi masalah, pada bulan Oktober 2010, AcSB menangguhkan
efektif tanggal mengadopsi Bagian I dari Buku Pegangan CICA - Akuntansi dengan
tingkat-perusahaan diatur sampai 1 Januari 2012. Baru-baru ini, para AcSB telah
memperpanjang tanggal efektif untuk satu tahun lagi.
Setelah berkonsultasi dengan Dewan
Pengawasan Standar Akuntansi dan musyawarah banyak pada apakah pendekatan
alternatif harus diambil, PSAB tetap teguh dalam pandangannya bahwa sama
pendekatan yang dilakukan oleh AcSB harus diikuti untuk sektor publik. PSAB
terus memantau perkembangan di daerah ini.
BAB III
KESIMPULAN
Kanada merupanakan negara terbesar kedua di dunia setelah
Rusia, dimana negara tersebut menganut sistem pemerintahan demokrasi federal
yang menyatukan sejumlah komunitas poltik yang berbeda di bawah pemerintahan
bersama untuk menangani keperluan-keperluan tertentu masing-masing daerah. Bentuk pemerintahan ini mempertimbangkan
realita geografis Kanada, keanekaragaman masyarakat budayanya dan warisan
dwi-hukum dan dwi-bahasa. Kanada mempunyai tiga tingkat pemerintahan: federal,
propinsi dan teritori, dan kotamadya (lokal atau regional). Pemerintah kanada bertanggung
jawab untuk menginformasikan tentang kepengurusan yuridis merkea kepada publik/
masyarakat. Informasi tersebut biasanya dalam bentuk laporan tahunan yang
mencakup akuntansi transaksi keuangan pemerintah untuk periode fiskal.
Di Kanada, latihan pelaporan keuangan pada umumnya diatur
oleh pedoman akuntansi yang ditetapkan oleh badan independen Dewan Akuntansi
Sektor Publik standar (Public Sector Accounting Board/ PSAB) dari Institut
Akuntan Chartered Kanada. PSAB dalam "Akuntansi Sektor Publik Handbook"
menyatakan bahwa laporan keuangan pemerintah harus mengkonsolidasikan laporan
keuangan dari semua organisasi di bawah kendali mereka dengan pengecualian dari
perusahaan bisnis pemerintah. Perusahaan bisnis Pemerintah harus dilaporkan
dalam Ikhtisar laporan keuangan pemerintah secara ekuitas dimodifikasi.
Aktiva bersih
perusahaan bisnis pemerintah dicatat sebagai investasi (aset keuangan) pada
laporan laba rugi konsolidasi pemerintah tentang posisi keuangan, sedangkanlaba
bersih perusahaan bisnis pemerintah disajikan sebagai bagian yang terpisah pada
laporan pendapatan pemerintah. Laporan keuangan konsolidasi umumny terdiri dari
unit penerintah seperti rumah sakit, universitas, sekolah-sekolah, dan
pendapatan dana konsolidasi, yang telah direvisi pemerntah untuk mematuhi
pedoman PSAB, dimana nantinya unit-unit ini pada akhirnya akan digabungkan
dengan menggunakan garis penuh oleh metode garis konsolidasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar