Sabtu, 16 Oktober 2010

Ruang Lingkup Bisnis

Pengertian Bisnis

Bisnis mempunyai banyak pengertian, pengertian bisnis secara umum adalah  suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Jika dilihat dari sisi historis, kata bisnis berasal dari kata bahasa inggris yaitu business dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan. Jika secara etimologi  bisnis berarti keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan.

Menurut skinner 1992, bisnis adalah pertukaran barang dan jasa atau uang yang saling menguntungkan dan memberi manfaat. Menurut Anoraga dan Soegiastuti (1996) bisnis memiliki makna dasar sebagai “the buying and selling of goods and services” yg artinya bisnis tidak lepas dari kegiatan penjualan dan pembelian maupun pertukaran yang saling menguntungkan.

Tujuan Bisnis

Tujuan bisnis merupakan hasil akhir yang ingin dicapai oleh para pelaku bisnis dari bisnis
yang mereka lakukan dan merupakan cerminan dari berbagai hasil yang diharapkan bisa
dilakukan oleh bagian-bagian organisasi perusahaan (produksi, pemasaran, personalia, dll)yang akan menentukan kinerja perusahaan dalam jangka panjang. Secara umum tujuan dari
bisnis adalah menyediakan produk berupa barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan
konsumen serta memperoleh keuntungan dari aktivitas yang dilakukan.Dalam jangka panjang, tujuan yang ingin dicapai tidak hanya untuk memenuhi
kebutuhan konsumen, namun terdapat banyak hal yang ingin dicapai oleh perusahaan dalam
bisnisnya, diantaranya:

  • Market standing, yaitu penguasan pasar yang akan menjadi jaminan bagi perusahaan untuk memperoleh pendapatan penjualan dan profit dalam jangka panjang.
  • Innovation yaitu inovasi dalam produk (barang atau jasa) serta inovasi keahlian. Tujuan bisnis yang ingin dicapai melalui inovasi adalah menciptakan nilai tamabah pada suatu produk, misalnya shampoo 2 in 1.
  • Physical and financial resources, perusahaan memiliki tujuan penguasaan terhadap sumber daya fisik dan keuangan untuk mengembangkan perusahaan menjadi semakin besar dan semakin menguntungkan.
  • Manager performance and development, manager merupakan orang yang secara operasional bertanggung jawab terhadap pencapaian tujuan organisasi. Untuk dapat mengelola
    perusahaan dengan baik, manager perlu memiliki berbagai kemampuan dan keahlian
    yang sesuai dengan profesinya. Maka diperlukan peningkatan kinerja dan pengembangan
    kemampuan manager melalui serangkaian kegiatan kompensasi yang menarik dan program training and development
    yang berkelanjutan.
  • Worker Performance and Attitude, untuk kepentingan jangka panjang, maka sikap para karyawan terhadap perusahaan dan pekerjaan perlu diperhatikan agar dapat bekerja dengan baik.
  • Public Responsibility, bisnis harus memiliki tanggung jawab sosial seperti memajukan kesejahteraan masyarakat, mencegah terjadinya polusi dan menciptakan lapangan kerja,  

Bentuk Dasar Kepemilikan Bisnis

Berikut ini beberapa bentuk dasar kepemilikan bisnis yang umum, antara lain:


  • Perusahaan perseorangan: Perusahaan perseorangan adalah bisnis yang kepemilikannya dipegang oleh satu orang. Pemilik perusahaan perseorangan memiliki tanggung jawab tak terbatas atas harta perusahaan. Artinya, apabila bisnis mengalami kerugian, pemilik lah yang harus menanggung seluruh kerugian itu.
  • Persekutuan: Persekutuan adalah bentuk bisnis dimana dua orang atau lebih bekerja sama mengoperasikan perusahaan untuk mendapatkan profit. Sama seperti perusahaan perseorangan, setiap sekutu (anggota persekutuan) memiliki tanggung jawab tak terbatas atas harta perusahaan. Persekutuan dapat dikelompokkan menjadi persekutuan komanditer dan firma.
  • Perseroan: Perseroan adalah bisnis yang kepemilikannya dipegang oleh beberapa orang dan diawasi oleh dewan direktur. Setiap pemilik memiliki tanggung jawab yang terbatas atas harta perusahaan.
  • Koperasi: adalah bisnis yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan. Koperasi bertujuan untuk menyejahterakan anggotanya. Karateristik utama koperasi yang membedakan dengan badan usaha lain adalah anggota koperasi memiliki identitas ganda. Identitas ganda maksudnya anggota koperasi merupakan pemilik sekaligus pengguna jasa koperasi.
  Pemegang Kepentingan Utama Dalam Bisnis

Ada 5 kelompok  pemegang kepentingan yang terlibat dalam berinteraksi dalam bisnis yaitu:
  1. Pemilik/wiraswasta (Enterpreunuer) adalah orang yang menorganisasi, mengelola dan mengasumsikan resiko yang dihadapi untuk memulai bisnis. 
  2. Manager/karyawan adalah orang yang mempunyai tanggung jawab mengelola zkeputusan-keputasan perusahaan.
  3. Kreditor adalah intuisi atau badan keuangan atau individu yang memberikan pinjaman.
  4. Pemasok adalah perusahaan atau orang yang mensuplai bahan baku (input) untuk diproduksi.
  5. Pelanggan adalah orang atau konsumen akhir yang akan membelanjakan uangnya untuk mendapatkan produk atau apa yang mereka inginkan dan butuhkan

Unsur-unsur Penting Dalam Kegiatan Ekonomi

ada 4 unsur penting yang harus di ketahui dalam kegiatan ekonomi, antara lain:
  • Keinginan manusia : semuanya berawal dari hati dengan didasari dengan niat lalu diikuti
    dengan keinginan.
  • Sumber-sumber daya baik SDA ataupun SDM : Sumber disini bisa berarti menjadi modal
    kita atau sebagai investasi, contoh dari SDA adalah seperti air, udara, tanah dll. Contoh SDM adalah tenaga kerja manusia.
  • Pengetahuan yang luas : jika ingin berusaha khususnya dalam bidang ekonomi kita memerlukan setidaknya sedikit ilmu tentang ekonomi agar kita tidak kalah saing dengan yg lain.
  • Mitra ataupun kolega : jika kita tidak mempunyai mitra ataupun yg biasa disebut dgn kerabat aktivitas kita tidak akan maju dan tidak akan dpt berkembang krn tdk memiliki pendapat atupun masukan.

Macam-macam Kegunaan Bisnis

Ada 4 macam kegunaan dari bisnis, yaitu:
  1.  Kegunaan bentuk (form utility) yaitu peningkatan kegunaan dari suatu benda yang disebabkan oleh perubahan bentuknya, seperti kayu bisa dirubah menjadi bangku dengan jasa seorang pembuat bangku atau kursi.
  2.  Kegunaan tempat (place utility) yaitu pertambahan kegunaan benda karena dipindahkan dari suatu tempat ketempat lain, seperti baju hangat digunakan pada tempat yang dingin seperti di kutub.
  3. Kegunaan waktu ( time utility) yaitu kegunaan suatu benda yang bertambah jika benda itu dipakai pada waktu-waktu yang tepat dan sesuai dengan manfaat benda tersebut, seperti menggunakan payung pada saat hujan.
  4. Kegunaan kepemilikan (ownership utility) yaitu kegunaan suatu benda baru terasa bila telah ada pemiliknya, atau dimiliki oleh konsumen yang tepat, seperti pistol yang digunakan oleh polisi.

1 komentar: